Punya segudang kesibukan dan kesulitan untuk mengelolanya? Yuk, belajar cara mengatur waktu yang efektif dengan 3 teknik berikut ini! Kelola hari tuk jadi lebih produktif!
Sebagai generasi muda yang aktif, kamu tentu tidak bisa lepas dari berbagai aktivitas dan kesibukan sehari-hari. Mulai dari perkuliahan, pekerjaan, hingga aktivitas sosial yang ada menuntutmu untuk bisa berlaku seimbang.
Manajemen waktu yang baik pun menjadi poin penting yang perlu kamu perhatikan. Brian Tracy, seorang pakar pengembangan diri, menyebutkan bahwa, “manajemen waktu layaknya sebuah kendaraan yang dapat membawamu ke sebuah tujuan yang kamu inginkan di masa depan.”
Dengan kemampuan manajemen waktu yang baik, kamu dapat menciptakan kehidupan yang lebih terstruktur, terarah, dan tentunya lebih produktif. Selain itu, kamu pun berkesempatan untuk bertanggung jawab penuh pada setiap tugas yang kamu miliki.
Saat ini, terdapat berbagai teknik dan cara mengatur waktu yang dapat kamu terapkan. Yuk, simak tiga teknik yang telah dirangkum oleh Batam Tourism Polytechnic!
Pomodoro merupakan teknik pengelolaan waktu yang dikembangkan oleh Francesco Cirillo pada akhir tahun 1980-an. Dalam Bahasa Italia, Pomodoro berarti tomat. Nama ini terinspirasi dari timer berbentuk tomat yang digunakan Cirillo pada saat itu.
Teknik Pomodoro sangatlah sederhana. Kamu hanya perlu membagi waktu ke dalam interval yang disebut “jendela kerja” selama 25 menit. Setelah 25 menit, “jendela kerja” berakhir dan diisi dengan interval waktu istirahat. Namun, yang perlu kamu catat adalah dalam interval 25 menit tersebut, kamu harus benar-benar fokus tanpa distraksi.
Yuk, simak langkah-langkah yang bisa kamu lakukan dalam teknik Pomodoro ini!
Cara mengatur waktu dengan teknik eat that frog diperkenalkan oleh Brian Tracy dalam bukunya yang berjudul Eat That Frog! 21 Great Ways to Stop Procrastinating and Get More Done in Less Time.
Secara garis besar, teknik ini mendorong kita untuk menentukan prioritas dari berbagai hal yang harus dikerjakan dan berhenti menunda pekerjaan. Untuk melakukannya, kamu perlu membuat daftar hal-hal yang harus kamu kerjakan dan susun ke dalam 4 kategori, yaitu
Dari keempat kategori tersebut, pilihlah tugas atau pekerjaan yang paling tidak kamu sukai alias “frog” atau katak yang harus kamu selesaikan paling awal. Di sini, “frog” adalah kategori B, yaitu hal yang harus dikerjakan, tapi kamu malas melakukannya.
Meskipun malas, kamu harus segera menyelesaikan “frog” tersebut sesegera mungkin, misalnya di pagi hari. Dengan begitu, kamu akan terbiasa untuk tidak menunda pekerjaan. Saat tugas sulit terselesaikan, kamu pun dapat mengerjakan hal lainnya dengan lebih ringan.
Cara mengatur waktu yang lainnya adalah Eisenhower Decision Matrix. Teknik yang diciptakan oleh Dwight Eisenhower ini merupakan teknik manajemen waktu dengan memisahkan hal-hal ke dalam empat kategori.
4 Kategori Eisenhower Decision Matrix:
Dengan mengelompokkan tugas dan hal-hal ke dalam 4 kategori ini, kamu akan mampu menyelesaikan semua tugas dan kegiatan penting secara lebih efisien. Hidup pun bisa jadi lebih terorganisir dan terencana dengan baik!
Itu dia ketiga teknik atau cara mengatur waktu yang dapat kamu praktikkan dalam beragam kebutuhan. Dengan kebiasaan mengelola waktu yang baik, kamu akan memiliki hari-hari yang lebih berkualitas dan bermakna.
Nah, buat kamu yang tertarik dan ingin melanjutkan pendidikan tinggi di bidang pariwisata, yuk bergabung dengan keluarga besar Batam Tourism Polytechnic! Kunjungi website BTP dan lakukan pendaftaran dengan klik di sini!