Sejarah BTP - BTP - Batam Tourism Polytechnic

Sejarah BTP

Batam Tourism Polytechnic (BTP) didirikan oleh Bapak Dr. Asman Abnur, SE., M.SI Selaku Pemilik Vitka Group sebagai bentuk kepedulian terhadap pendidikan dan pariwisata bagi masyarakat di Kota Batam dan sekitarnya.

BTP berdiri pada tanggal 15 September 2014, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 192/E/O/2014 untuk menyelenggarakan tiga Program Studi Diploma III yaitu Manajemen Kuliner, Manajemen Divisi Kamar dan Manajemen Tata Hidangan.

Pendirian Batam Tourism Polytechnic didukung oleh kampus-kampus pariwista lainnya di indonesia. Pendirian BTP didukung oleh Kampus Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (NHI) dan Sekolah Tinggi Nusa Dua Bali serta berfailiasi dengan International Management Institut Switzerland.

Pada tanggal 17 Oktober 2014, Batam Tourism Polytechnic mendapatkan izin revisi untuk meningkatkan program studi Diploma II menjadi Diploma IV berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 504/E/O/2014. Dengan izin tersebut, menjadikan Batam Tourism Polytechnic satu-satunya kampus yang memiliki Program Diploma IV Manajemen Kuliner, Manajemen Divisi Kamar dan Manajemen Tata Hidangan di Indonesia.

Seiring berkembangnya Batam Tourism Polytechnic, pada tanggal 27 Mei 2020, BTP mendapatkan ijin untuk menyelenggarakan Program Pascasarjana Magister Terapan Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 531/M/2020.

Saat ini Batam Tourism Polytechnic memiliki 3 Program Studi yang terakreditasi melalui Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan terakreditasi B untuk keseluruhan Program Diploma IV, dan terakreditasi C untuk Program Pascasarjana Magister Terapan Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. Saat ini Tim Internal BTP sedang menyiapkan dokumen akreditasi ulang untuk meningkatkan nilai Akreditasi Program Studi dan Akreditasi Institusi.

Batam Tourism Polytechnic juga menjalin banyak kerjasama dengan institusi di dalam dan luar negeri. Bekerja sama dengan Pemerintah Daerah serta chain hotel Bintang 5 Nasional dan Internasional.

Berdasarkan perkembangan tersebut, dapat digambarkan bahwa perkembangan Batam Tourism Polytechnic terus mengalami pertumbuhan secara positif menjadi salah satu politeknik swasta terbaik dibidang pariwisata dalam menjalankan peran Tri Dharma Perguruan Tinggi di Indonesia.

Join Now
WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?