Masih bingung mau kuliah di jurusan apa? Atau justru ingin kuliah pariwisata, tapi masih ragu-ragu? Simak 6 tanda yang buktikan kamu cocok jadi anak pariwisata!
Menentukan pilihan studi di jenjang perguruan tinggi bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang. Terdapat beragam aspek yang harus diperhatikan, mulai dari minat dan potensi diri, kemampuan, hingga prospek karier masa depan.
Pariwisata sendiri merupakan salah satu bidang keilmuan dengan prospek yang luas dan menjanjikan. Seperti yang kita tahu, potensi pariwisata Indonesia dengan kekayaan alamnya telah menjadi magnet yang dapat menarik banyak wisatawan, baik lokal hingga mancanegara.
Tidak hanya itu, luasnya cakupan industri pariwisata juga memungkinkan lulusannya untuk berkecimpung di berbagai area. Mulai dari bagian front office, housekeeping, kitchen, hingga industri kuliner, semuanya dapat dieksplorasi sesuai minat dan kemampuan.
Nah, buat kamu yang masih bimbang atau justru ingin berkecimpung di bidang pariwisata, simak 6 tanda yang telah dirangkum oleh Batam Tourism Polytechnic!
1. Kamu mampu beradaptasi di lingkungan baru
Berkarier di industri pariwisata akan menghadapkanmu pada sejumlah ketidakpastian. Misalnya saja, jadwal kerja yang tidak menentu. Hari ini kamu mungkin bekerja di shift pagi, tapi besok harus bertugas di shift malam. Atau tim kerja yang selalu berganti seiring dengan perubahan jadwal setiap harinya.
Ditambah lagi, kamu pun harus menghadapi pengunjung atau pelanggan dari latar belakang yang berbeda. Tentunya, hal-hal ini akan membuatmu serasa berada di lingkungan baru setiap harinya. Mau tak mau, kamu pun dituntut untuk dapat menyesuaikan diri dengan realitas di lapangan.
Namun, jangan jadikan ini hambatan. Bagi banyak orang, hal ini justru dapat menjadi tantangan yang menyenangkan. Di satu sisi, lingkungan pekerjaan yang dinamis menjadikan industri pariwisata jauh dari kata membosankan. Selain itu, bertemu dengan banyak orang baru setiap hari juga akan semakin menambah wawasan dan pengalamanmu.
2. Kuliah Pariwisata: Kamu punya kerja sama tim yang baik
Sebagai industri dengan divisi atau bagian yang beragam, kerja sama tim merupakan kunci untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik. Saat menjadi front officer misalnya, kamu harus mampu berkoordinasi dengan bagian housekeeping jika ada tamu hotel yang mengeluhkan kondisi kamarnya. Tanpa kerja sama tim yang baik, tidak akan pernah ada layanan berkualitas yang dapat diberikan kepada pengunjung.
3. Kamu bisa terima kritik tanpa baper
Sebagai industri yang mengutamakan kepuasan pelanggan, kamu dituntut untuk selalu bersikap profesional, termasuk saat menghadapi kritik. Tidak jarang, dalam perjalanan karier di masa depan, kamu sesekali akan menerima keluhan, kritik, atau bahkan cacian dari para pelanggan.
Meski begitu, hal ini bukanlah alasan yang bisa mengizinkanmu untuk berperilaku tidak sopan. Bukan pula alasan yang bisa kamu pakai sebagai perusak mood kerja. Karenanya, kamu harus mampu menjadikan kritik sebagai salah satu masukan yang dapat menunjang pekerjaan.
4. Kamu punya manajemen waktu yang baik
Bekerja di industri pariwisata akan menghadapkanmu pada beban kerja yang berlebih di waktu-waktu tertentu. Tak jarang, beban kerja ini harus diselesaikan dalam satu waktu sekaligus. Demi mendapatkan hasil yang maksimal, kamu harus melengkapi diri dengan pengelolaan waktu yang baik. Multitasking pun menjadi poin penting yang harus kamu perhatikan. Selain itu, pastikan pula kamu mampu mengontrol emosi ketika menghadapi pekerjaan berat, ya!
5. Kamu senang memikirkan strategi dan inovasi
Demi kelancaran sebuah usaha, dibutuhkan langkah-langkah strategis agar bisnis dapat bertahan dan berkembang. Ditambah lagi, ketatnya persaingan di industri pariwisata menuntutmu untuk menghadirkan inovasi dari waktu ke waktu.
Tentunya, strategi dan inovasi yang baik tidak dapat dihasilkan dalam waktu yang cepat. Dibutuhkan proses dan pengalaman yang akan membentuk daya pikir dan kreativitasmu.
6. Kuliah Pariwisata: Piawai di Industri Pelayanan
Industri pariwisata tentu tak bisa lepas dari layanan yang diberikan kepada konsumen. Di mana pun tempat kerja, apapun beban kerjanya, pastikan kamu selalu melayani dengan sepenuh hati. Hal ini menjadi prinsip yang harus dipegang oleh setiap pegiat di industri pariwisata, sehingga pelanggan memeroleh pengalaman yang baik dan menjadi konsumen loyal.
Itu dia beberapa tanda yang bisa mengindikasikan bahwa kamu cocok jadi mahasiswa pariwisata. Coba tanyakan dan periksa pada diri sendiri, apa sudah sesuai atau belum? Jika beberapa poin belum sesuai, lantas bersediakah kamu untuk melatih diri?
Nah, buat kamu yang tertarik untuk mendalami industri pariwisata dan ingin melanjutkan pendidikan tinggi di bidang pariwisata, yuk bergabung dengan keluarga besar Batam Tourism Polytechnic! Kunjungi website BTP dan lakukan pendaftaran dengan klik di sini!