

Batam, 17/3, Pengalaman On The Job Training atau magang bagi mahasiswa-mahasiswi Batam Tourism Polytechnic merupakan program unggulan yang memberikan pengalaman praktik kerja langsung pada hotel berbintang baik di dalam maupun di luar negeri. Sejak tahun 2015 program On The Job Training ini merambah dalam dan luar negeri pada hotel-hotel chain berbintang. Kegiatan sharing session yang diselenggarakan sebanyak 2 (dua) kali yakni Sharing bersama Mahasiswa Food & Beverages Kelas Malam yakni pada hari Kamis 27 Februari dan Mahasiswa Kelas pagi yang dilaksanakan pada hari Jumat 28 Februari 2025 bertempat di Restoran Numero ini.
Mahasiswa yang baru menyelesaikan On The Job Training secara bergantian memaparkan pengalaman ketika melaksanakan magang selama 6 (enam) bulan.
Kegiatan “Seminar On The Job Training 2025” Prodi Manajemen Tata Hidangan ini diselenggarakan bertujuan untuk memberikan gambaran terhadap pelaksanaan OJT sehingga dapat memberikan kontribusi untuk peningkatan pelaksanaan OJT ke depannya. Sesi tanya jawab riuh rendah oleh berondongan pertanyaan mahasiswa semester II mulai dari pertanyaan tentang kompetensi dan skill yang harus dimiliki, attitude serta etos kerja yang menjadi tantangan tersendiri mengingat working environment yang menantang hingga pertanyaan tentang living allowance dan living cost yang dihadapi.
Pertanyaan juga diajukan secara bergantian oleh dosen Prodi yang hadir yaitu Dr. Rezki Alhamdi, M.MPar., Natal Olotua Sipayung, M.Tr.Par., Dailami, MPd., serta Instruktur Food & Beverages yaitu Taufik Bachrul dan Abdul Rahman Yusuf. Tampak hadir pula Plt Wakil Direktur III Eva Amalia, MSi.
Salah satu presentasi yang ditunggu adalah dari Steve Kevin yang menuntaskan magangnya di Sheraton Bandung Hotel & Towers yang meraih predikat Best Trainee. Steve yang juga sempat didapuk menjadi Instruktur Coffeexology internal di Sheraton Bandung Hotel & Towers memberikan insight tersendiri pada sesi pemaparan kelas pagi. Tim hotel Tentrem Yogyakarta cukup menarik perhatian yang menuturkan ‘keasyikan’ magang di kota Gudeg tersebut bahkan menyebut sangat betah dan ‘lupa pulang’ Berbagai tersebut terkait dengan kiat-kiat dan tantangan dalam menjalankan magang dikupas tuntas, mulai bagaimana penguasaan product beverages, how to handle services, direct contact dengan tamu, bagaimana menghandle home sick, hingga tantangan penguasaan bahasa asing serta jam kerja yang panjang.
Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh HIMA FBM secara mandiri mulai dari persiapan hingga penyelenggaraan acara.
Kontributor: Amelia Teresa