Jurusan divisi kamar atau room division management merupakan program studi bidang hospitality yang secara spesifik mengarahkan lulusannya untuk bekerja di industri perhotelan. Lantas, seperti apa peran divisi kamar dalam lingkup profesional?
Tingginya minat dan kebutuhan akan akomodasi penginapan sejak beberapa tahun silam membawa pengaruh yang signifikan pada pendidikan di bidang hospitality. Tidak terbatas pada jurusan perhotelan saja, kini tersedia berbagai program studi yang menawarkan spesifikasi yang lebih detail.
Tentunya, hal ini bertujuan untuk menciptakan lulusan dengan kemampuan dan keterampilan yang mumpuni sesuai bidangnya. Salah satu di antaranya adalah jurusan divisi kamar atau yang kita kenal dengan sebutan room division management.
Apa itu jurusan divisi kamar?
Secara garis besar, jurusan divisi kamar merupakan pendidikan mendalam tentang fungsi layanan tamu yang berkaitan dengan inventaris kamar dari bisnis akomodasi.
Jadi, di sini kamu akan mempelajari bagaimana kualitas layanan dan prinsip pemulihan layanan untuk mendukung seluruh aspek manajemen akomodasi. Mulai dari reservasi tamu hingga penerimaan/kedatangan, layanan tata graha dan pemeliharaan, keselamatan dan keamanan tamu, hingga keberangkatan tamu.
Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa divisi kamar adalah proses yang sangat penting dari keseluruhan kerja sebuah akomodasi. Lebih tepatnya, divisi kamar ini berperan sebagai titik kontak pertama antara tamu hotel dengan staff. Selain itu, divisi ini juga berkontribusi secara signifikan terhadap keuntungan dan pendapatan akomodasi secara keseluruhan.
Dalam industri perhotelan, manajemen divisi kamar ini akan sangat memperhatikan kepuasan tamu. Tidak hanya terkait masalah kebersihan dan pemeliharaan kamar, tetapi juga layanan umum yang tersedia bagi para tamu. Umumnya, divisi kamar pada industri hotel terdiri dari dua departemen, yaitu front office dan housekeeping.
Front Office
Departemen front office adalah bagian yang sangat esensial di sebuah akomodasi karena bertugas untuk melakukan kontak langsung dengan para tamu. Fungsi utama dari departemen ini adalah terkait reservasi, layanan tamu, check-in, check-out, keuangan dan kasir, penentuan kamar, dan pemeriksaan.
Saat tamu punya masalah, pertanyaan, atau komentar, mereka biasanya akan langsung menuju ke bagian Front Office. Dengan kata lain, departemen yang satu ini berperan sebagai delegasi yang menghubungkan antara kebutuhan tamu dengan departemen terkait.
Secara umum, fungsi operasional departemen front office dapat dibedakan menjadi beberapa bagian, di antaranya:
- Pendaftaran tamu : melakukan semua kegiatan yang berkaitan dengan pendaftaran tamu, seperti check-in, penentuan kamar, penyambutan tamu, tarif kamar, dan lainnya
- Layanan tamu : memenuhi semua aktivitas terkait layanan tamu
- Riwayat dan arsip tamu : membuat dan mengelola data terkait profil tamu, riwayat, suka dan tidak suka, mengumpulkan feedback, dan lainnya
- Database tamu : mengembangkan dan memelihara informasi tamu secara komprehensif
- Status kamar : bertanggung jawab untuk memperbarui status kamar
- Reservasi : bertanggung jawab atas reservasi kamar dari berbagai sumber dan mengarsipkan catatan reservasi
- Telepon : memfasilitasi kebutuhan tamu terkait telepon internal maupun eksternal dan bertugas membangunkan tamu sesuai permintaan
- Pusat informasi : menjawab pertanyaan dan kebutuhan tamu
Housekeeping
Housekeeping adalah departemen operasional yang bertanggung jawab atas kebersihan, kerapian, kelengkapan, dan keindahan seluruh kamar, termasuk area hotel lainnya. Departemen yang satu ini sangatlah penting karena setiap akomodasi wajib menyediakan lingkungan yang bersih, menarik, nyaman, dan ramah bagi para tamu.
Departemen housekeeping sendiri memiliki sejumlah peran dalam industri perhotelan, seperti:
- Memastikan perawatan dan kenyamanan tamu
- Membangun suasana yang ramah dan memastikan pelayanan yang baik dari seluruh staf departemen
- Memastikan tercapainya standar kebersihan dan pemeliharaan umum pada seluruh area yang menjadi tanggung jawab departemen
- Menyediakan linen pada setiap ruangan, restoran, banquet hall, dan area lainnya, serta memelihara inventaris yang ada
- Menyediakan dan memelihara dekorasi pada setiap area hotel
- Mengoordinasikan renovasi dan pemugaran properti
Nah, itu dia perkenalan singkat terkait jurusan divisi kamar dan gambaran pekerjaan yang dapat kamu tempuh sebagai lulusan divisi kamar. Dengan latar pendidikan dan keterampilan yang mumpuni, kamu akan dapat bersaing secara kompetitif di industri perhotelan.
Tertarik untuk melanjutkan pendidikan tinggi di jurusan manajemen divisi kamar? Yuk, bergabung dengan keluarga besar Batam Tourism Polytechnic! Kunjungi website BTP dan lakukan pendaftaran dengan klik di sini!