Karier sebagai seorang profesional yang sukses tentu tidak terlepas dari bidang keilmuan dan soft skill yang mendukung. Begitu pun dalam bidang hospitality. Lalu, apa saja soft skill yang perlu dikuasai untuk bekerja di industri hospitality?
Kamu pasti sudah tidak asing dengan industri hospitality, bukan? Secara umum, industri hospitality adalah bagian industri pelayanan yang identik dengan kepuasan pelanggan dan pemenuhan kebutuhan leisure ketimbangan kebutuhan dasar.
Dilansir dari Revfine, industri hospitality mencakup beragam sektor, mulai dari sektor akomodasi, seperti hotel, resort, apartemen; sektor makanan dan minuman, seperti restoran, katering, kafe; hingga sektor pariwisata, seperti biro perjalanan dan kapal pesiar.
Dengan ragam peluang kerja tersebut, industri hospitality pun menjadi salah satu bidang pekerjaan yang dituju oleh banyak orang. Namun, sebelum berkecimpung dan menjalankan karier sebagai hospitality professional, kamu perlu memerhatikan dan menguasai setidaknya tiga kemampuan kunci untuk mendukung karier masa depan.
1. Komunikasi
Dalam industri hospitality, kamu berkesempatan untuk bertemu banyak orang dengan latar belakang yang berbeda-beda. Karena itu, komunikasi menjadi kemampuan esensial yang perlu kamu kuasai dan latih sejak dini.
Dalam menghadapi pelanggan, kamu perlu mengungkapkan pesan-pesan yang positif dan konstruktif, sehingga meningkatkan pengalaman pelanggan. Tidak hanya itu, kemampuan komunikasi yang baik pun akan mendukungmu untuk menciptakan efisiensi kerja bersama seluruh tim.
Namun, kemampuan komunikasi tidak hanya terbatas pada ucapan, tulisan, dan bahasa tubuh, tapi juga kemampuan mendengarkan. Perlu diingat bahwa mendengar dan mendengarkan adalah dua hal yang berbeda. Saat mendengarkan, kamu benar-benar memerhatikan pesan yang disampaikan oleh orang lain, sehingga dapat merespon dengan sebaik-baiknya.
Jadi, ketika berbicara dengan pengunjung, tampilkanlah sikap yang hangat dan antusias. Ajukan pertanyaan, dengarkan apa yang mereka katakan, dan berikan respon yang tepat.
Dengan begitu, kamu akan mampu mengembangkan percakapan berkualitas dan memberi kesan bahwa kamu benar-benar peduli pada pelanggan. Hasilnya, mereka pun akan tahu bahwa kamu dapat diajak diskusi dan mampu memenuhi kebutuhan mereka.
Sementara itu, dalam komunikasi tim, kemampuan mendengarkan akan membuat pekerjaan menjadi lancar dan terkoordinasi dengan baik. Jadi, sampaikanlah apa yang perlu kamu lakukan dan apa yang kamu butuhkan dari mereka.
Sebaliknya, dengarkan pula apa yang dibutuhkan oleh rekan kerjamu. Ingatlah bahwa dalam industri hospitality, kerja sama tim adalah kunci dan kamu saling membutuhkan satu dengan yang lain.
2. Multitasking
Sebagai seorang hospitality professional, kamu akan dihadapkan dengan banyak pelanggan dalam waktu bersamaan. Karena itu, multitasking dan manajemen waktu yang baik menjadi kunci penting dalam keberhasilan kariermu.
Meski begitu, tidak dapat dipungkiri bahwa kita dapat merasa kewalahan saat harus bekerja multitasking. Karenanya, janganlah fokus pada keseluruhan tugas yang ada, tapi cobalah fokus pada langkah-langkah kecil yang perlu dilakukan untuk setiap tugas tersebut.
Selain itu, kamu dapat mengembangkan kemampuan multitasking melalui beberapa cara berikut ini :
- Buat daftar pekerjaan (to-do list)
Menuliskan daftar pekerjaan setiap hari akan membantumu tetap fokus dan termotivasi untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut. Kamu dapat menuliskan daftar harian pada kertas dan buku atau mencoba beberapa aplikasi, seperti Todoist, Microsoft To-Do, dan Checklist.
- Kerjakan tugas yang serupa
Untuk tetap efektif dalam pekerjaan multitasking, kamu dapat memilih tugas yang serupa atau saling terkait. Hal ini akan membantumu tetap fokus, menjaga produktivitas, dan memanfaatkan waktu sebaik mungkin.
- Hindari Distraksi
Distraksi atau gangguan dapat mengacaukan jadwal dan perencanaan yang sebelumnya sudah dibuat. Karena itu, temukanlah cara yang tepat untuk menghindari apa pun yang dapat mengganggu pekerjaanmu.
3. Kemampuan Beradaptasi
Dengan membangun karier dalam bidang hospitality, artinya kamu harus siap dengan segala ketidakpastian yang ada di dalamnya. Hal ini mencakup beragam hal, seperti perubahan jadwal kerja, keluhan pelanggan yang beragam, hingga tim kerja yang dinamis dan berubah-ubah.
Ketika perubahan telah menjadi beban yang mengintimidasimu, ubahlah perspektif dengan melihatnya sebagai peluang untuk meningkatkan diri, belajar, dan semakin bertumbuh. Jadi, tanamkan ‘can-do attitude’ dalam setiap pekerjaan dan jalin hubungan yang baik dengan rekan kerja dan para pelanggan.
Nah, kesempatan kerja dalam industri hospitality memang sangat luas dan beragam. Namun, kamu pun perlu mempersiapkan diri dengan kemampuan yang dibutuhkan, sehingga dapat tampil unggul dan tidak kalah saing nantinya.
Kamu tertarik untuk melanjutkan pendidikan tinggi di industri hospitality? Yuk, bergabung dengan keluarga besar Batam Tourism Polytechnic! Kunjungi website BTP dan lakukan pendaftaran dengan klik di sini!