Menpan-RB Motivasi Mahasiswa BTP

Menpan-RB Motivasi Mahasiswa BTP

TIBAN (HK) – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Asman Abnur memotivasi mahasiswa Batam Tourism Polytechnic (BTP) untuk lebih meningkatkan daya saing, guna menghadapi tantangan global perekonomian dunia, sehingga bisa mendapatkan pekerjaan dengan penghasilan yang lebih baik.

Motivasi tersebut disampaikan Asman Abnur saat memberikan kuliah umum kepada 300 mahasiswa culinerry di Kampus BTP, Tiban, Jumat (29/9). Motivasi tersebut, lanjutnya, untuk memacu peningkatkan kualitas keahlian di bidang perhotelan untuk “Go International”.

“Salah satu upaya bagi menajemen kampus BTP Batam memenangkan persaingan kerja dalam perekonomian global, mahasiswa mesti menjadi pribadi yang kuat, beretika, menyenangkan dan pandai mengendalikan diri. Sehingga jangan sampai cepat marah, mudah tersinggung dan tidak dapat menempatkan diri di lingkungannya,” kata Asman Abnur.

Seorang lulusan Diploma (D4) BTP, menurutnya, harus memiliki ataupun menguasai bahasa asing, dan keahlian dalam sebuah bidang yang mumpuni. Sehingga siap untuk bersaing dan go international.

“Lancar berbahasa asing, akan memudahkan kita bernegosiasi atau berbisnis dengan orang asing. Bukan itu saja, peluang generasi Indonesia untuk bekerja di banyak tempat, dan negara juga akan semakin besar,” ungkap Mempan RB.

Sementara itu, Direktur BTP Batam, M Nur A Nasution mengatakan, telah banyak mahasiswa BTP yang sedang, maupun yang telah menjalani praktek kerjanyata (internship) di hotel bintang 5, chain internasional luar negeri.

“Baik itu di Dubai, Doha, Qatar, Maldives, dan Malaysia. Selain itu, mahasiswa kami juga mendapatkan predikat “The Best Traineer”, mengalahkan mahasiswa dari Singapore, Thailand, Hongkong, Malaysia, Jepang, China, maupun negara lainnya. Ini bukti pendidikan D4 di BTP tak kalah dengan universitas di bidang perhotelan dan pariwisata di luar negeri,” kata M Nur.

Selain itu, terang M Nur, pihak BTP terus berupaya untuk menjalin kerjasama yang kuat antara universitas dan industri seperti di Jerman yang telah sukses mencetak SDM professional.

“Ada 3 hal yang tidak boleh dilupakan dalam upaya kita untuk peningkatan para mahasiswa dalam motivasi diri. Pertama, harus kuasai Bahasa Inggris, kedua tingkat kompetensi belajar, dan terus berkreativitas dengan konsep yang baru,” sebut Direktur BTP Batam.

Jesslyn dan Jacky, mahasiswa tingkat 1 BTP Program Culinerry mengatakan, sangat senang dan bangga bisa berkuliah di BTP. Karena itu membuka peluang agar bisa bekerja di hotel berbintang.

“Awalnya, saya agak ragu. Akan tetapi, setelah masuk dan mengetahui bidang pendidikan yang terus dikembangkan dalam hal culinerry, yang sangat banyak dibutuhkan oleh hotel hotel berbintang di luar negeri. Maka, tidak ada keraguan lagi dan yakin, bagi saya mengikuti semua program pendidikan di BTP Batam agar meraih masa depan yang lebih baik,” kata Jesslyn dan Jacky. (Sumber: Haluankepri)

Apply Now
Indonesia
Need help? Let's chat with us!

Ms. Anita

Hi, What can i do for you? 00.00